Bolehkah ibu hamil menari

shares

Bolehkah ibu hamil menari ? - Semakin bunda aktif bergerak, maka bunda semakin dapat menerima perubahan bentuk tubuh pada saat hamil. Selain itu aktivitas yang cukup bisa membantu bunda untuk mempermudah proses persalinan. Olahraga yang cukup juga bisa mengembalikan bentuk tubuh bunda pasca melahirkan. Salah satu aktivitas dan olahraga yang dapat bunda lakukan adalah menari.

Bolehkah ibu hamil menari


Pada masa awal kehamilan bunda bisa mencoba jenis tari seperti tari jazz,tari  samba, dan tari salsa. Bunda mungkin akan kesulitan untuk melakukan ketiga jenis tari tersebut ketika usia kehamilan semakin bertambah. Bunda bisa mencoba tari perut dengan gerakan lambat dan terkontrol agar bunda merasa nyaman melakukan tari tersebut. Kira-kira dari pemaparan tersebut sudah bisa menyimpulkan 

bolehkah ibu hamil menari ?
Manfaat Menari Bagi Ibu Hamil
Perubahan hormon pada tubuh pada saat hamil bisa saja menjadikan persendian bunda semakin mudah untuk cedera. Untuk menjaga kesehatan sendi salah satunya dengan melakukan gerakan tari. Selain itu menari juga dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi yang masih dalam kandungan.

Kegiatan menari merupakan aktivitas yang tergolong low impact sehingga aman dan memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Menari yang low impact mengandung gerakan yang lembut sehingga memiliki dampak yang baik bagi persendian bunda. Hal tersebut bisa mengurangi terjadinya risiko stres  tubuh dan persendian.

1.       Menari bisa membantu menjaga tulang punggung agar tetap lentur.
2.       Menari membantu anda berada pada posisi postur tubuh yang baik.
3.       Menari dapat melatih otot dasar panggul menjadi lebih kuat, otot panggul yang lemah dapat menyebabkan terjadinya inkontinensia stres yang berupa mudah keluarnya pipis ketika batuk atau bersih.
4.       Menari membantu untuk memperkuat otot tulang belakang sehingga berguna pada saat persalinan.
5.       Menari membantu membuat suasana hati yang lebih baik dan membantu mengurangi rasa sakit.
6.       Menari sebagaimana olahraga yang lain dapat membantu memperbaiki pola tidur menjadi lebih baik.


Tips Menari Sesuai Usia Kehamilan
Kehamilan Pada Trimester Pertama
1.   Melakukan gerakan tari yang santai dan low impact serta menghindari gerakan yang melompat-lompat.
2.  Lakukan gerakan tersebut sesuai dengan kemampuan anda, jangan sampai anda memaksakan melakukan gerakan tersebut. Anda sendiri yang tahu batas kemampuan anda.
3.       Jika tiba-tiba anda sulit berbicara dengan nyaman, maka itu menjadi pertanda anda harus mengurangi atau memperlambat gerakan tari anda.
Kehamilan Pada Trimester Kedua dan Ketiga
1.  Menari dengan low impact dengan memperhatikan keseimbangan akibat perut yang semakin membesar.
2.   Hindari gerakan melompat, gerakan dengan putaran yang terlalu banyak dan sering, serta gerakan yang terlalu cepat dan gerakan yang terlalu menyentak atau melengkungkan tulang belakang.
Bunda jangan lupa juga beberapa hal berikut sebelum melakukan aktivitas olahraga tari terlebih pada masa kehamilan:
1.   Usahakan untuk melakukan pemanasan sebelum anda menari, serta melakukan pendinginan setelah selesai menari.
2.  Bunda bisa melakukan gerakan tari dengan panduan video di rumah, akan tetapi pastikan bunda mendapatkan instruktur yang tahu usia kehamilan jika memutuskan untuk bergabung dengan kelas tari khusus ibu hamil
3.     Bunda lebih baik melakukan gerakan ringan dengan teratur dan menghindari gerakan-gerakan tari yang terlalu berat.
4.    Bunda juga harus memastikan nutrisi tubuh terpenuhi termasuk kebutuhan air selama melakukan olahraga termasuk tari.
5.    Usahakan melakukan tidak lebih dari tiga kali dalam seminggu dengan durasi maksimal 20 menit setiap sesi.
6.   Usahakan jika bunda mengalami nyeri pinggul untuk diawasi oleh dokter ketika akan melakukan olahraga tari.


Bolehkah ibu hamil menari ? tentu bisa juga dengan melakukan konsultasi kepada dokter sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga tari jika anda memiliki komplikasi kehamilan dengan penyakit diabetes gestational. Menari sangat mungkin untuk dilakukan oleh semua orang, pastikan bunda menyadari betul keterbatasan bunda. Bunda juga jangan terlalu berlebihan dalam melakukan gerakan tari. Bolehkah ibu hamil menari ? ya tentu boleh dengan memperhatikan beberapa saran sebagaimana sudah disampaikan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar